7 Hal yang Patut Dipertimbangkan saat Anda akan Memilih Toko Online

105 views

ss-blibli

Berapa jumlah toko online di Indonesia? Ratusan? Ribuan? Intinya banyak sekali. Tidak mudah menghitung berapa jumlah pastinya. Dari hari ke hari, toko yang beroperasi via jaringan internet selalu muncul. Mengingat berdasarkan statistik data terungkap fakta bahwa peminan layanan online semakin meningkat tajam. Untuk itu, Anda perlu kiat khusus sebelum memilih toko mana yang terbaik. Ini caranya.

  1. Pilih yang Bergaransi

Harga besar tidak masalah, selama ada garansi dan cicilan yang ringan. Jika sebuah toko di internet tidak menawarkan garansi pada tiap produknya, abaikan saja. Soalnya garansi bisa berarti perlindungan terhadap produk mereka. Ketika Anda mengalami hal-hal yang tak diinginkan, selama masa garansi masih ada, tinggal sampaikan maksud Anda.

  1. Pilih yang Banyak Promo

Banyak promo sama dengan irit di kantong. Ada banyak kebutuhan lain yang menanti dalam kehidupan Anda. Jadi uang hasil sisa pembelian produk berpromo bisa digunakan untuk kebutuhan tersebut. Biasanya promo banyak hadir pada event tertentu. Misalnya, saat hari-hari besar Nasional atau event peluncuran produk terbaru.

  1. Pilih yang Sedia Produk Original

Harga murah seringkali tak sejalan dengan kualitas produk. Kadar keaslian barang yang lebih penting. Begitu barang di tangan Anda asli dan legal, maka penggunaannya juga terbebas dari rasa waswas. Kekhawatiran seperti takut barang mudah rusak, atau ternyata isi barang tidak sesuai label, jadi hilang sama sekali. Cara mengeceknya, bisa via feedback.

  1. Pilih yang Metode Pembayaran Bervariasi

Ketika sebuah toko ingin survive dan tahan lama, maka ia juga harus memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Pelanggan atau pembeli adalah raja. Toko yang menerapkan metode pembayaran sedikit, biasanya pengunjungnya juga sedikit. Adapun metode pembayaran, secara umum bisa seperti lewat COD, ATM, internet banking, dan lainnya.

  1. Pilih Toko yang Sudah Terverifikasi

Toko di internet yang telah terverifikasi biasanya bisa ditemukan via sertifikat SSL, HTTPS-nya, dan verifikasi anggota di sebuah marketplace, seperti Bibli, misalnya. Syarat ini mutlak ada kalau Anda ingin mencari toko yang terpercaya. Jadi, ketika Anda membeli barang tidak bakal kena penipuan.

  1. Pilih yang Rajin Update Barang

Anda tentu tidak menginginkan pembelian dilakukan setengah-setengah, kan? Ini banyak terjadi di beberapa toko via online. Alasannya karena pelapak malas meng-update barang. Padahal stok opname wajib dilakukan agar calon konsumen tidak ragu lagi apakah barang memang masih ada atau sudah expired.

  1. Pilih yang Melayani 24 Jam

Pelayanan bisa membuat calon pelanggan bebas mengisi detail informasi. Sangat menyebalkan ketika menemukan sebuah toko hanya melayani pada jam-jam tertentu. Apalagi yang boleh membayar hanya pada saat pengisian form. Ketika toko melayani 24 jam, berarti ia sudah siap melayani pelanggan semaksimal mungkin. Dijamin, Anda akan puas, begitu.

Memang tidak semua toko online menyediakan kualifikasi seperti 6 hal di atas. Namun bagi toko yang besar, hal-hal itu tidak mustahil ada. Salah satu pasar online terbesar di Indonesia, Bibli, nyatanya memenuhi persyaratan di atas. Syarat-syarat di atas bisa jadi pertimbangan tersendiri ketika Anda mau membeli produk tertentu. Kepraktisan seperti ini tentu tidak bisa Anda nikmati via toko fisiknya secara langsung.

 

Leave a reply "7 Hal yang Patut Dipertimbangkan saat Anda akan Memilih Toko Online"